WELCOME!

Welcome to my blog! :D

Friday, August 13, 2010

Penderitaan Mahasiswa Salah Jurusan

Kalian tau ga penderitaan mahasiswa salah jurusan kayak gw? Ada yg ngerasa hal yg sama persis kayak gw ga? I mean, bukan sekedar lo ngeRASA salah jurusan aja, sekedar rasa. Tp lo bener-bener stuck banget pada jurusan kuliah yang lo jalanin.
Berat man. Gw capek. Banget. Dan saking desperate-nya gw sampe kepikiran aja mau bunuh diri, yah at least ngelukain diri gw, gara-gara kuliah (boleh tanya sama salah satu temen gw yang bisa dibilang deket karena sering bareng2, gw pernah sms dia bilang mau bunuh diri aja gara stress ama kuliah, terutama mata kuliah Bhs. Jepang hahaha :p).
Jangan anggap karena selama ini gw males. Orang-orang ngeliatnya mungkin gitu. Jarang masuk, di kelas kayak orang bego. Nggak, gw ga males. Gw jg ga bego. Gw kadang suka bolos kuliah itu karena gw gatau mesti apa, gw desperate, gw ga ngerti ama apa yang diajarin oleh dosen. Dan kalopun pada hari itu gw masuk pun percuma, gw jg ga akan bisa mencerna sepenuhnya apa yang diajarin. Tiap ada PR/shukudai semacam renshuu/mondai/mondaishu gw ngerjain lho di rumah (ga di rumah jg sih, 3,5 semester gw tinggal di asrama, terus sekarang ngekos). Gw selalu berusaha keras utk ngerjain. Gw belajar. Kalo ada yg isinya gw bener2 gatau, bru gw akan bawa PR gw sampe kampus dan gw nanya temen. Lazim kan? *yah walopun banyakan yang kosong drpd yg udah diisi krn ga ngerti*
Tp ya disini nih permasalahannya, sekeras apapun gw mencoba utk paham, pelajaran2 itu tuh gamau masuk ke otak gw secara penuh, menyeluruh, stuck abis otak gw, buntu. Stress ga sih lo kalo kayak gitu? Ya sebagaimana orang yang salah jurusan lah.

Oke mungkin ada yang tanya, kalo lo pada akhirnya salah jurusan, kenapa dulu lo milih jurusan itu?
Yee namanya juga SALAH cuy, ya emang berarti gw salah dgn pilihan yang gw pilih itu.
Dulu sih gw emang lumayan tertarik dgn Bahasa Jepang, gw pengen belajar. Udah gitu kan saat itu sastra jepang itu prospek ke depannya bagus. Passing grade -nya pun di UI paling tinggi di antara jurusan2 di FIB lainnya. Gw sebenernya jg pengen masuk sastra Jerman, tp gw ga berani gambling dgn milih UI dua2nya waktu SNMPTN (tahun 2008). Jurusan kedua yg gw pilih adalah HI atau komunikasi gtu, gw lupa, tp bukan di UI.
Gw jg ikut ujian vokasi (dulu D3) UI waktu itu, dan milih komunikasi penyiaran. Gw diterima. Tapi seminggu kemudian pengumuman SNMPTN, dan gw diterima di pilihan pertama gw, Sastra Jepang UI (skrg sebutannya Program Studi Jepang).
Oke, gw seneng banget. Seneng banget bisa masuk UI, dgn jurusan S1 Sastra Jepang pula!
Awal2 kuliah gw jalanin dgn lumayan lancar lah, mulai masuk semester dua, gw udah mulai lumayan pusing dgn kuliahnya, terutama Bhs. Jepang.
Oh ini toh Bhs. Jepang yg dulu gw kepengen banget belajar? Sesusah ini? Gw bener2 ga nyangka kalo seberat ini. Otak gw ga mampu utk nerima pelajarannya. Lama-lama gw makin stress, depressed. Dan akhirnya gw mulai membuka tabir diri gw bahwa sebenernya gw sama sekali ga cocok kuliah di jurusan ini. Gw totally SALAH JURUSAN!
Gw menyesal, kenapa dulu gw ga pilih sastra Jerman aja, kenapa gw ga ambil kursi gw di vokasi (d3) penyiaran aja, kenapa gw.... Yah begitulah!
Tapi penyesalan emang dateng tuh selalu terlambat (damn it!). Gw sempet kepikiran sih bwt ngulang ikut ujian lagi tahun 2009. Tapi gw ga enak hati. Biaya kuliah di UI mahal banget. Orang tua gw udah ngeluarin belasan juta utk gw kuliah sampe 2 semester waktu itu. Gw segan. Dan di sinilah akhirnya gw, dikepung oleh rasa bersalah karena ortu udah ngeluarin biaya mahal utk gw kuliah, tp kuliah gw ternyata memble begini gara2 ke-sangat-tidakcocokan gw dgn jurusan gw kuliah ini.

And now, memasuki semester 5, ada 1 keputusan yang akan gw ambil. Gw tidak akan mengambil mata kuliah Bhs. Jepang V, gw akan menundanya sampai tahun depan. Why? Karena gw bener2 ga siap utk menghadapi matkul ini, bhs. Jepang yg sblmnya (1-4) tuh gw belum bener2 lancar. Masih bego banget. Lulus jg dengan nilai pas-pasan. Selama setahun gw akan berencana utk ngelancarin dlu matkul Bhs Jepang yg sblm2nya, spy gw bs bener2 siap masuk ke Bhs. Jepang V. Gw pikir lebih baik begini drpd gw sama sekali ga siap terus ikut matkulnya lalu kemudian ga lulus, apalagi ditambah caci-makian dosen di kelas kalo gw memble.
Mungkin jadinya kelulusan gw akan tertunda setengah tahun. Kalo sampe setahun gimana? Gw ada satu keputusan lagi nantinya. Gw baru kepikiran skrg ini, gw berencana akan mengambil jalur non-skripsi.
Yah lo tau gw udah terlanjur basah kesasar di jurusan ini, gw pasti akan setengah mati berupaya mencari jalan keluar yg termudah utk lulus (lolos lebih tepatnya kalo dalam kasus gw) dari kuliah yg bikin gw muak ini.
Oke, mungkin gw akan banyak dihina, dicibir, dan diremehkan dgn keputusan2 gw ini. Tp biarkanlah, ini keputusan gw. Kalo lo tau bener2 rasanya salah jurusan, lo pasti akan mengerti dan memaklumi keputusan gw ini.
Lebih baik begini drpd mati mengenaskan karena depresi berkepanjangan.

43 comments:

  1. wow, I can't believe how much I feel related to this post.

    srsly, gw paham banget perasaan lo.u're not alone. gw gak punya solusi apa-apa, tapi semoga ini bisa meluaskan horizon pandangan lo:

    -life is BIG. kuliah hanya satu fase dalam hidup. masih ada puluhan tahun lagi(insya Allah) tahun-tahun yang akan lo lalui. tahun-tahun yang gak akan flat. tahun-tahun dimana lo punya segala kesempatan buat ngelakuin apa yang lo mau. kasarannya mah: DO juga santai aja. tapi, for the sake of your parents at least, jangan sampai.

    -sejuta kemungkinan terbuka. lo tau kan seberapa kacrutnya sistem pendidikan di Indonesia? the system just fail, man. lo lulus, dengan atau tanpa toga, lo bisa jadi apapaun. pengusaha, pengrajin, pengajar, istri orang kaya, kelas menengah yang idealis, ataupun orang yang bahagia dengan segala keterbatasannya. btw, gw di seni rupa dan sekarang gw belajar nanem padi. hahahaha... how unexpected!

    -yesterday is history, tomorrow is a mystery, and today is a gift. that's why we call it 'present'. jalani aja hari ini dengan penuh, tanpa penyesalan ketika lo memejamkan mata untuk tidur. masa depan benar-benar gak bisa ditebak. rencana manusia gak lebih dari main tebak-tebakan dengan Yang Maha Merencanakan.

    -gw juga berasa salah jurusan. setahun yang lalu gw milih seni patung, dan gw ngerasa gak cocok, dan sekarang gw pindah ke seni lukis(cuma pindah studio, gak pindah prodi). kelulusan gw minimal molor setahun. but I do hope it worth the money and time. I won't know till the time comes, though.

    ReplyDelete
  2. gue jg ngrasa salah jurusan bget....gue pgenx bljar bhsa drpda ubek2 kmia. skrg gue di farmasi UB, dan sumpah gue jg bner2 stuck ma kuliah. rasanya ogah-ogahan n males bner (nb: sbnerx gue jg bkn org pmalas, tp sitkon kuliah jdiin gue gt). nyesel bget ma kputusan gue dlu, tkut klo gue g dpt kuliah (krn prestasi akdemik gue bgus, gue ikt pmdk) n hasilx lolos. sneng sich, aplgi ortu pgen ankx bs krja di ksehatan ato seenggaknya di kesehatan. stlah itu gue g ikutan tes apapun..meskipun gue pgen ikt snmptn n simak...ujung2nya tnyata UB gni (dah mahal, jurusan msh bru n lum akreditasi dan OMG kuliah msih hrs cari2 ruang sndiri..pnjem ruang fak. lain). lum lg ospek brkepanjangan..klo dtanya ikhlas jalanin...ya 95% ikhlas (motivasi kuat ikhlas ortu)...entah udah mgkn kra2 50 jt dah uang ortu gue kuras buat kuliah (sumpah gue nangis wktu ngetik ni) dan gue jg pgen klua dari sni...
    ada ksempatan SNMPTN dan Stan yg pgen gue ambil ni...(doakan gue ktrima HI) ni kpengenan ane....Stan (ya klo ini slain biayax murah n ane g bgitu suka hapalan jd ngitung bos)....
    apalgi ortu jg sempet blg entr klo lulus kmu bs bantu biaya adek2 kuliah....(ni jg bkin ane sedih, bs gak ya ane lulus tpat wktu??ane ja udah suntuk ma yg namax farmasi)....klo dtanya nyesel mgkn 99,99% udh nyesel bget msuk sni......jdix gue dah pasrah dgn smuanya...
    ane cm berharap setitik cercah Dari Allah SWT...klo q bs dberi jalan.......stidaknya bonus kedua untuk mulai dr awal.....

    ReplyDelete
  3. hedeh,,,, sama bener kayak aku,,,, dulu aku kul jurusan manajemen jalur SNMPTN juga (dulu SPMB)... ga betah karena ngerasa salah jurusan akhirmya aku pindah juga,,,,,

    ReplyDelete
  4. banyak yang senasib ya
    gw baru salah jurusan dan baru berencana akan pindah
    sayang juga belasan juta kebuang sia2 dalam waktu 2 bulan...
    mw dikata apa?toh hidup kita yang jalanin
    cuma bisa nyesel,sory,sama nangis liat ortu kecewa

    tapi gw yakinbeberapa tahun ke depan,kekecewaan mereka bakal gw ubah jadi suatu kebanggaan yg amat luar biasa

    ReplyDelete
  5. nasib anda jauh lebih bagus drpd nasib saya....:D

    ReplyDelete
  6. gw juga dari UI dan ngalamin sama persis kayak lo. mungkin kita kapan2 bisa ketemuan ya hahaha.

    ReplyDelete
  7. gw juga salah jurusan , gw kuliah di politeknik negeri jakarta. gw pengenya masuk kesenian atau ips. eh dapetnya teknik. rada bete juga sih, untungnya gw bertahan ampe sekarang dah mau selesai nih gw kuliah.

    ReplyDelete
  8. Aku juga. karena ortu ku ngebet pengen anaknya jadi akunting biar cepet nyari kerja & gaji meyakinkan, gw terpaksa masuk akuntansi. Gw nyadar sih, passion gw bukan di sono, melainkan di dunia seni & bahasa. Gw pengennya ambil musikologi di IKJ atau gk (alternatif, karena predikat IKJ :P) FIB UI. Tapi karena ortu nolak, ya sudah deh gw harus bergelut mati2an ngelawan bete & males.

    Bukanna males sih, melainkan tertekan karena gak terima gw harus kerja di bidang yg gw gk betah sejak awal. Yah, sekarang sih gw cuma ngejalanin aja. Semoga nasib bisa berubah lebih baik.

    ReplyDelete
  9. gw jugaaaaa. gw juga ngerasa stuck bgt sm jurusan gw. cari IP 3 keatas susah bgt :( mana udah dapet 3 semester. pengen pindah bingun cara ngomongnya ke orang tuaa :( haaa silet mana sileeeeeet :(

    ReplyDelete
  10. Wahh~, untung saja aku baca ini , jadi banyak yang bisa aku pikirkan untuk pemilihan jurusan nanti. Arigatou aditya-san. Pengalaman anda bermanfaat. ^w^
    Aku minta doa dari kakak-kakak semua ya , semoga aku gak salah pilih jurusan. Trimakasih lagi~. hehe. :p

    ReplyDelete
  11. saya juga merasa salah jurusan di skola saya -_-

    ReplyDelete
  12. ngerasa salah jurusan juga, ya masih disma dengan jurusan IPA dan yg ngebunuh itu fisika-kimia blaaahhhh ya gurunya juga sihh ngajarnya kyak gitu... -_-
    dan nanti rencananya mw ngambil jurusan sastra jepang ya of course karena gue sukaaa jepang :)
    semoga gak nyesel kyak kakak ya :p
    dan ini mesti dipertimbangkan dengan Sholat Istikharah :)

    ReplyDelete
  13. Saya juga merasa salah jurusan disekolah -,- awalnya saya kira TKJ itu yang mainin software di komputer, ternyata mesinnya aja, dan gua baru tau yang pake software itu namanya rpl -,- dan sekarang gua berencana nanti kuliah di jurusan HI -,- semoga gua lolos yaaa doain aku kk biar aku ga salah lagi >_<

    ReplyDelete
  14. Saya juga merasa salah jurusan disekolah -,- awalnya saya kira TKJ itu yang mainin software di komputer, ternyata mesinnya aja, dan gua baru tau yang pake software itu namanya rpl -,- dan sekarang gua berencana nanti kuliah di jurusan HI -,- semoga gua lolos yaaa doain aku kk biar aku ga salah lagi >_<

    ReplyDelete
  15. Gue juga bingung nih gue anak ipa mau masuk jenjang kuliah , tp gue ga sreg sama pelajaran ipa makin lama makin susah dan gue belajar jd males malesan likeeee it deh sm blog ini

    ReplyDelete
  16. i know that feel bro. gue juga salah jurusan ._. semua gara-gara nurutin permintaan (lebih ke paksaan sih) dari ortu gue. sekarang gue kuliah di Geo UGM. sebenernya gue gak tau musti ngapain disana, apa apa aja disana, dan secara gara-gara dipaksa ya jelas gue bete banget kan. isinya hitungan semua. sebenernya gue juga gak masalah sama itungan, secara gue lulusan SMA IPA. tapi nggak tau kenapa minat gue tu di bidang sosial. gue rencana mau pindah ke jurusan politik. minta doanya ya :)

    ReplyDelete
  17. baca blognya, baca commentnya, aku jadi fikir 2x kalo perlu beribu-ribu kali buat ambil jurusan farmasi._.

    ReplyDelete
  18. Wah sama nih sis....Saya lolos teknik perminyakan ITB...tp kok lama kelamaan stuck juga nih otak.....kepengen tes lagi di STEI ITB.....
    " Jangan Cari Jurusan Yang hanya Mengandalkan Materi " ...
    Moto saya seperti itu..

    ReplyDelete
  19. sama banget, saya juga mahasiswa sastra jepang semester 6. dan sampe sekarang belum nemu titik kenyamanan di jurusan ini. buat yang kepengen masuk jurusan sastra jepang, mikirnya harus berjuta2 kali sebelum terlanjur nyemplung dan hanya bisa menyesalinya

    ReplyDelete
  20. Oke, gue jd bingung..jujur rencananya kuliah gue mau ambil sasjep. Tp gue sebenernya masih ragu. Gue suka sastra..banget..tp gue juga takut salah jurusan..
    gue pengen belajar sasjep..tp gue juga takutnya nyesel..gue mesti gimana?...

    ReplyDelete
  21. Sama..saya jg salah jurusan..akibatnya saya depresi,ngga nafsu makan,nangis tanpa sebab,dll...saya uda bilang ortu untuk pindah jurusan tapi malah ortu yg lebih stress.kata mereka ingat pengorbanan ayah ibu untuk kamu..wahh kata2 itu bikin saya merasa bersalah karena biaya yg mereka keluarkan cukup besar...yah uda saya bertahan..saya jurusan teknik sipil..sangat payah dalam matematika,fisika,kimia..tapi karena keinginan ortu saya ikut2 aja..
    Saya tidak punya cita2 yg saya inginkan adalah bikin kedua ortu saya bahagia

    ReplyDelete
  22. Gue ngerti perasaan loe
    Aku msk arsitektur salah satu univ di jogja
    Walau ini pilihanku tapi aku ragu saat daftar. Skrg aku udh smtr 3
    Dan ternyata keraguanku benar
    Apa ada univ yg mengijinkan masuk saat semester 4?

    ReplyDelete
  23. kak, aku eriza. aku suka pelajaran bahasa jepang, aku minat sastra jepang. emang sesusah apasih kak masuk sastra jepang UI?
    salam kenal kak :)

    ReplyDelete
  24. tapi masih mending salah jurusan, daripada gue yang salah tempat kuliah hah -_-
    mana gua ga tegaan lagi kalau liat ortu kecewa sama keputusan gua kalau gua berenti kuliah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang kenapa gan.. ? Bukannya misal yakalo kuliah jurusan ilmu ekonomi ui sama ekonomi unpad pelajarannya sama sama aja kan..

      Delete
  25. saya juga depresi ngerjain skripsi..... pengen banget cepet lulus....

    ReplyDelete
  26. I know what you feel bro... rasa depresi. Tertekan. Sedih kecewa.... Kalau bukan karna kedua orang tua . pasti saya sudah berhenti dan pindah jurusan ngulang dari awal .

    ReplyDelete
  27. dr pngalaman saya, salah jurusan itu cnderung merusak masa depan, nilai gue bagus2 aja sampe lulus kuliah, bahkan juara d program studi pendidikan tsbt, tp saat wisuda saya nggk mrasakan kbahagiaan, saya bingung mau kmana, saat ngajar saya nggk ada passion, mungkin bukan salah jadi pngajarnya, tp jurusan yg saya ambil, yaitu pendidikan biologi, teman saya yg pindah jurusan udah bkerja sesuai passionnya, saya masih depresi, luntang lantung, sbenarnya passion saya d seni, baik desain maupun musik, udah brapa kali bilang k ortu mau pindah tp ndk d gubris, saran saya, lbh baik pindah saja kalo salah jurusan, tman saya yg smester 7 baru pindah masih bisa kuliah lagi, dan skarang udah kerja...

    ReplyDelete
  28. Aku sekarang SMA IPA tapi sebenernya ga suka ngitung. Rencana mau masuk farmasi. Kira kira cocok ga ya?

    ReplyDelete
  29. gw juga nih ngerasa salah banget, masuk jurusan bahasa jepang yang sama kaya lo ini. dulu gue nggga mikir, asal itu jurusan bahasa, pas udah pengumuman seneng banget tuh orang tua gw, masuk ptn katanya. makin jauh di bajeb ini makin kerasa susahnya, ditambah ukt gw kan mahal banget, asa salah bngt nih kalau terus di bajeb. taun kemrin gw nyoba sbmptn, ngga keterima tuh, emg aku ngambilnya jurusan ipa sih rada maafin dirii sendiri jga kalau ngga keterima secara otak gw bukan otak matematika. walau gw udah berjuang banget sebelumnya,kali aja keterima kan untung untungan juga ya sbmptn tuh.

    nah, taun ini gw mau nyoba lagi tapi jurusan ips. setelah gw pikir mateng mateng, gw pengen ke jurusan psikologi. tapi yang berbasis ips, cuma ugm ptnnya. jauh ya kan gw di bandung. biaya yang dikeluarin bakal lebih mahal dari sebelumnya. trus kalau emang gw keterima dan gw ambil, gw balik lagi ke tingkat 1.
    yang berarti gw nyianyiain waktu 2 tahun gw kuliah. dan jumlah besar ukt yang dikeluarin selama 2 tahun ini jga kebuang, walau gw ngga mau ngebiarin itu sih. semoga bisa jadi guru les atau translator buat kerja sambilan disana.
    masalahnya, gw takut coy, gw tuh rada panikan, dan gw takut ngambil resiko dari pilihan pilihn yang gw punya. gimana yah sekarang juga ngga tenang banget nih. kan ngaruh banget ke masa depan gw.

    ReplyDelete
  30. Wahhh, gue nggak sendiri. Ternyata banyak juga mahasiswa yang salah jurusan, yaps gue salah satunya. Nggak enakinnya salah jurusan ya apapun mau yang dijelasin sama dosen, yang diterapin dan yang di-blabla kita memang nggak sering and that isn't our wolrd. Itu bukan dunia kita. Sebenarnya gue beruntung menyadari salah jurusan di satu semester lebih daripada harus menjalani alias bertahan tapi endingnya yaaa wisuda tapi biasa biasa aja. Bukan yang 'wow moment'. Tetapi memang sih ada sebagian orang yang bertahan di jurusan yang di kiranya salah tapi akhirnya nyaman dengan jurusan itu. Balik lagi sih ke diri kita masing-masing. =)))

    ReplyDelete
  31. Sepertinya kita berbagi nasib yang sama ya. Jurusan kuliahnya sama loh seperti Mbak Adit. Bukan maksud hamba untuk pamer tapi untungnya gue lulus meskipun setelahnya gue merasa kaya nggak pernah kuliah karena seperti mengutip dari pernyataan Mbak Adit, "...sekeras apapun gw mencoba utk paham, pelajaran2 itu tuh gamau masuk ke otak gw secara penuh, menyeluruh, stuck abis otak gw, buntu. Stress ga sih lo kalo kayak gitu? Ya sebagaimana orang yang salah jurusan lah." Ya とってもストレスdong pastinya. Pokoknya bera banget hahaha dan ternyata lebih bera lagi setelah masuk dunia kerja. Ya udah deh ah panjang amat komen gue, sorry nyampah. Cheerio...

    ReplyDelete
  32. Semangat sist.. km gak sendiri.. ku juga salah jurusan.. mungkin malah salah pilih tempat kuliah.. entahlah

    ReplyDelete
  33. gua juga ngerasa sama ko kaya kalian semua sekarang gua udah satu bulan kuliah di jurusan politik,dan gua stessed dan depressed tertekan karena apa yang gua bayangkan ga sama dengan realita yang gua jalananin juga lingkungan kampusnya yg jauh dr perkotaan tiap pagi bangun tidur gua ngerasa kebebanin kalo gua harus kuliah terus waktu kuliah gua ngerasain hati gua tuh gaada dikelas bukan gua banget deh pokoknya dan akhirnya gua give up diminggu ke 5 kuliah dan gua udah jarang masuk lagi,beruntung sih gua disadarkan Allah nya waktu msh awal awal kuliah,gua baca artikel kalo kita semua itu ngalamin general adaptation syndrome,dan saran gua yaa mening ngulang dari awal,sabar,solat istikharah,karena kalo dipaksain stress atau tertekan makin ga bener kedepanya,dan sekarang gua mau pindah ke bidang ekonomi,seni atau sastra,life is about taking risks to get what you want,semoga kita semua dimudahkan kedepannya aamiin

    ReplyDelete
  34. gue juga ngerasa salah tempat bahkan jurusan(rada kebalik),dan tekat gue udah bulat banget mau ngulang tahun depan. yang gue bingungin sekarang gue bingung harus bilang gimana ke nyokap gue. gue udah jujur sama kk gue dan dia sih dukung aja tp dia saranin gue tetep kuliah di tmpt sekarang, tp gue udah muak banget udah gabisa banget dah. gue yakin banget mau ngulang taun depan tp takut karena ga dapet restu nyokap gue duh maaf random.

    ReplyDelete
  35. gue juga sekarang lagi ngerasain hal yang sama kyk lo. sekarang gue semester 6, dan gue bingung apa gue mutusin untuk DO atau lanjut.... ckckckckckck

    ReplyDelete
  36. wah sama nih hahaha di semester ke 2 baru kerasa susah nya. ikut sastra jepang ikut2 temen aja karena stress gagal smnptn dan sbmptn mungkin D:

    masih lanjut kuliah sastra jepangnya sis ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halooo... hahaha udah nggak. gw akhirnya berhenti dan pindah kuliah ke tempat lain dan sudah lulus, nanti kapan2 kalo sempet gw bakal cerita soal salah satu keputusan besar dlm hidup gw ini lol

      Delete
  37. Waw komenya banyak yah :o
    Bikin perkumpulan salah jurusan yuk XD hahaha

    ReplyDelete
  38. Gw lulusan Agricultural Engeenering sebuah PTN...tapi saat semester akhir suka belajar bahasa/sastra otodidak, sambil ngerjain skripsi gw belajar sastra belanda dan jepang..abis lulus gw ngambil kursus bahasa Jepang, kayaknya passion gw yg sebenarnya ada disitu...:)

    ReplyDelete
  39. gua jg ngalamin hal yg sama, gue salah jurusan masuk jur Ilmu Pemerintahan Fisipol, gua dr awal smt 1 gua udah nggak betah masuk jur ini. karena bukan passion gw,scr jur ini pil org tua gw ktnya bisa jd pns & bla2. waktu masuk pertama kl sih masih fine2 aj tp lama2 gw ngerasa jenuh,bosan,bete tiap kl dosen nerangin gw cuma bisa iya2 trus catat nggak ada tantangannya cuma jelasin ini2 bla2. dan iy gua jg benci bgt politik rsna gw muak aj dengernya, sinkatnya gw mau pindah jur gw ikut sbmptn thn 2016 gw sih sebenarnya dah ikt sbmptn lalu tp gak lulus dan gw kecew brt. dan alhamdulillah gw lulus di pil ke 2 gw yaitu jur sitem informasi gw seneeeeeeng bgt dan akhirnnya gw pindah ke jur ini karna ini adalah passion gw yg berbau teknologi & informasi dan masuk di ptn di Riau D:

    ReplyDelete
  40. It's exactly the same feeling that I've been feeling for the past 2 years. Gue juga kuliah di fib dan sekarang puncak2nya gue ga kuat lagi buat kuliah, even masuk kelas aja rasanya susah banget dan semales itu karena ga ada passion samsek.

    Boleh di share dong gimana akhirnya mutusin buat berhenti dan kuliah lagi? Gue lagi mikir2 untuk berhenti dan kuliah lagi tapi masih ragu :'

    ReplyDelete